Alat Pernafasan pada Manusia Beserta Fungsinya

Alat Pernafasan pada Manusia Beserta Fungsinya


Alat Pernafasan pada Manusia Beserta Fungsinya- Hai sobat pelajar! Selamat datang kembali di ruang belajar channel.

Kali ini kita akan belajar tentang alat pernapasan pada manusia.
Bernapas merupakan ciri utama dari makhluk hidup. Terutama kita sebagai manusia. Apa itu bernapas? Bernafas adalah proses mengambil udara berupa oksigen (O2) dan menghembuskan udara menjadi karbondioksida (CO2). Fungsi dari bernapas adalah menghasilkan energi yang digunakan untuk beraktifitas.

Manusia bernapas melalui alat alat pernapasan. Alat pernapasan manusia terdiri dari hidung dan rongga hidung, tenggorokan (faring), pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorok dan paru paru.

Nah, bagaimana proses aliran udara ketika melalui alat pernapasan? Perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Hidung dan Rongga Hidung

Alat pernafasan yang pertama yaitu hidung dan rongga hidung. Hidung merupakan organ paling luar yang secra langsung bersentuhan dengan udara untuk bernafas. fungsi hidung adalah untuk menghirup oksigen (O2) dan sekaligus menjadi jalur keluarnya karbon dioksida (CO2). Di dalam hidung terdapat rongga hidung. DI dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu hidung. Selput lendir ini berfungsi untuk menyesuaikan suhu udara dan menangkap kotoran, sedangkan bulu hidung akan menyaring udara dari kotoran yang berupa debu.

2. Tenggorokan (Faring)

Tenggorokan atau bisa di sebut faring merupakan organ atau bagian alat pernafasan yang berfungsi menghubungkan udara dari rongga hidung menuju pangkal tenggorokan (laring), trakea, dan bronkus.

3. Pangkal Tenggorokan (Laring)

Setelah dari tenggorokan, Kemudian Udara akan masuk ke dalam alat pernapasan berikutnya, yaitu pangkal tenggorok atau disebut juga laring. Nah di dalam pangkal tenggorokan ini terdapat pita suara dan katup epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan saluran makanan dan saluran udara.

4. Batang Tenggorok (Trakea)

Setelah udara melewati pangkal tenggorokan, udara akan masuk pada batang tenggorokan atau disebut juga trakea. Trakea menghubungkan pangkal tenggorokan (laring) dengan bronkus sekaligus menjadi jalan bagi udara dari leher ke bagian dada. Batang tenggorokan (trakea) ini tersusun dari gelang-gelang tulang rawan dan tulang polos berbentuk seperti pipa. 

Di dalan batang tenggorok terdapat lapisan selaput lendir dan juga rambut getar yang berfungsi untuk menahan kotoran, mengeluarkan kotoran dan mencegah bibit penyakit masuk ke paru-paru. 

5. Bronkus

Bronkus merupakan cabang dari batang tenggorokan (trakea). Bronkus terdiri dari dua cabang yaitu cabang yang menuju paru-paru bagian kanan dan bagian kiri. Setelah melewati bronkus, kemudian akan di teruskan menuju bronkiolus dan nantinya berakhir di alveolus.

6. Paru-paru

Paru-paru berjumlah sepasang yang terletak di dalam rongga dada kiri dan kanan. Paru-paru kanan memiliki 3 gelambir. Yaitu gelambir atas, gelambir tengah dan gelambir bawah. Sedangkan paru-paru kiri memiliki 2 gelambir. Yaitu gelambir atas dan gelambir bawah. 

Di dalam paru-paru, bronkus bercabang-cabang menjadi bronkiolus dan berakhir di gelembung alveolus. Alveous merupakan gelembung-gelembung berisi udara dan pada dinding alveolus inilah terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida dan uap air.

Di paru paru, oksigen akan masuk ke pembuluh darah yang selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tubuh. Oksigen di dalam tubuh berguna untuk membakar xat-zat makanan yang telah diserap oleh tubuh. Dari peoses pembakaran tersebutlah, tubuh memperoleh tenaga untuk melakukan berbagai kegiatan. Sedangakan sisa udara dari pembakaran tersebut akan di keluarkan kembali melalui tenggorokan dan lubang hidung.

Jadi begitulah aliran udara dan fungsi dari alat pernapasan yang berada pada tubuh manusia.

Nah, gimana sobat pelajar? Bisa difahami yaa...
untuk mengecek apakah sobat pelajar sudah memahami materi ini atau belum, disini kaka ada latihan, coba jawab dan tuliskan di kolom komentar di bawah. 

Latihan Soal :

1. Sebutkan alat-alat pernapasan utama pada manusia!
2. APa fungsi dari bernafas?
3. Apa fungsi selaput lendir dan bulu hidung yang ada di dalam rongga hidung?
4. Bagian alat pernafasan apa yang di dalamnya terdapat lapisan selaput lendir
dan juga rambut getar?
5. dimanakah proses terjadinya pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida dan uap air?


Sekian materi pembahasan tentang Alat Pernafasan pada Manusia Beserta Fungsinya kali ini, semoga bermanfaat dan bisa difahami dan sampai jumpa di pelajaran selanjutnya.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Alat Pernafasan pada Manusia Beserta Fungsinya"