Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Kulit Wajah Berjerawat


 Hal-hal yang harus dihindari saatkulit wajah berjerawat-  Jerawat merupakan salah satu penyakit yang umum menjakit para remaja, kehadiran jerawat tersebut seringkali diidentikkan dengan anggapan bahwa terlalu sering memikirkan pacar terlalu rindu dan lain sebagainya. Namun yang jelas munculnya jerawat ini akan membuat kemulusan wajah, kecantikan ataupun kegantengan seseorang berkurang, Sehingga seringali membuat seseorang itu jadi jengkel, gemas, sebal dan bahkan stress sehingga ingin segera melenyapkan jerawat itu, dan tak jarang dalam upayanya melenyapkan jerawat tersebut ia melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dianjurkan. Untuk itu sebaiknya anda terlebih dulu mengetahui hal-hal yang harus dihindari saat kulit wajah berjerawat, agar jerawat anda lebih mudah di sembuhkan dan tidak malah semakin parah.

1.      Makanan dan Minuman

Ada beberapa amakanan yang sebaiknya anda hindari saat kulit wajah anda berjerawat, makanan-makanan itu adalah :
  •  Al-Kohol
  • Junk food
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Gorengan
  • Kacang-kacangan

2.      Memencet Jerawat dengan Paksa

Sebagian orang ketika berjerawat ia akan merasa sebal, dan jengkel, sehingga sering kali ia menjadi tidak sabar dan ingin segera terlepas darinya dan secepat mungkin menghilangkannya. Dan tak jarang mereka melakukan hal-hal yang sangat tidak baik dilakukan, seperti memencet jerawat aktif. Perbuatan ini sangat berbahaya dan sebaiknya di hindari, kenapa? Karena tindakan ini akan memperparahnya dan justru akan memperlama proses penyembuhannya. Dan tidak hanya itu cara ini juga akan menimbulkan bekas seperti Flek hitam dan juga Bopeng atau lubang-lubang bekas jerawat pada kulit wajah.

3.      Jangan Terlalu Sering Menyentuh Jerawat

Jerawat seringkali terasa gatal dan sedikit perih, sehingga rasanya ingin menyentuh atau bahkan menggaruknya. Cara ingi sangat tidak dianjurkan, karena tangan merupakan bagian tubuh yang mengandung banyak bakteri. Terlalu Sering menyentuh jerawat dapat mengakibatkan jerawat semakin parah. Meskipun sulit, cobalah untuk menghindari hasrat untuk menyentuh jerawat.

4.      Berjemur

Hal yang harus anda hindari ketika anda sedang berjerawat adalah berjemur, atau berlama-lama dibawah terik sinar matahari. Hal itu karena akan berdampak negatif pada kulit yang berjerawat. Jerawat apa bila terlalu banyak terkena sinar UV dari sinar matahari akan menyebabkan jerawat tersebut mengering dan mengecil, memerah yang kemudian akan mengakibatkan timbulnya flek hitam.

Lalu sebaiknya apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya?

Permasalahan kulit seperti halnya jerawat sebenarnya dapat kita atasi dengan cara pola hidup bersih dan sehat, hal yang dapat kita lakukan diantaranya adalah selalu menjaga kebersihan kulit dengan memakai sabun/pembersih yang cocok, sabun/pembersih yang cocok adalah yang tidak menimbulkan efek iritasi pada kulit, kemudian jangan memencet jerawat, hindarilah stres, gunakanlah kosmetik secukupnya dan dalam jangka waktu yang tidak lama, jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memacu kelenjar minyak misalnya minuman beralkohol , makanan berlemak dan menghidari polusi debu, dan terlalu sering terkena sinar matahari. 

Baca juga :

Penggunaan Bahan-bahan alami terbukti sanagat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan juga bisa memulihkan jerawat serta bekasnya. Bahan alami tersebut diantaranya yaitu  buah-buahan yang mengandung vitamin C, buah tersebut dapat berfungsi sebagai antioksidan dan membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit, serta membantu regenerasi kulit. Buah-buahan tersebut diantaranya adalah Lemon, Jeruk, Tomat, dan lain sebagainya yang telah terbukti ampuh menyembuhkan jerawat ataupun bekasnya.

Selain buah-buahan yang mengandung vitamin C, juga dari bahan-bahan alami lain seperti Penggunaan madu, lidah buaya, yang dapat kita gunakan sebagai masker untuk menghilangkan noda jerawat.


Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk " Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Kulit Wajah Berjerawat"