Fakta Menarik Warna Hitam dan Putih pada Tubuh Penguin - Ruang Belajar Channel


Fakta-fakta Unik Penguin

Ruang Belajar Channel- Apakah Kalian suka penguin? Jika iya, apakah kalian tahu mengapa penguin memiliki bulu berwarna hitam dan putih?

Penguin adalah burung yang hidup di kutub selatan atau di iklim yang dingin. Penguin sendiri memiliki pola warna hitam dan putih yang menjadi salah satu ciri khas mereka.

Ternyata warna hitam dan putih pada pinguin mempunyai fungsi dan tujuan lho! apa itu? Berikut ini penjelasannya :

1. Countershading pada Penguin

Warna hitam dan putih yang ada pada penguin disebut Countershading. Countershadingn merupakan istilah yang sering dipakai untuk hewan yang memiliki punggung (sisi punggung) berwarna gelap sementara bagian bawahnya (sisi perut) berwarna terang. Countershading berfungsi untuk berkamuflase atau menyembunyikan diri dari predator atau pemangsa. hal tersebut dikarenakan pada saat tubuh penguin menyelam di laut yang gelap tubuhnya akan tersamarkan.

2. Menjaga Suhu Tubuh

Warna hitam dan putih pada penguin tidak hanya berfungsi untuk berkamuflase dari predator, tetapi juga dapat membantu menjaga atau mengontrol suhu tubuh. Pada saat penguin merasa kedinginan penguin akan membalikkan tubuh mereka (punggung yang berwarna hitam) menghadap sinar matahari sehingga tubuhnya akan lebih hangat. Sedangkan Saat mereka merasa kepanasan, maka perut penguin yang berwarna putih akan dihadapkan ke sinar matahari, sehingga bisa memantulkan cahaya.

3. Memudahkan Mendapatkan Mangsa

Selain berfungsi untuk berkamuflase dari predator Warna hitam dan putih pada penguin juga berfungsi untuk membantunya agar tidak terlihat oleh hewan laut lainnya sehingga memudahkan penguin menangkap mangsanya.


Fakta Unik Penguin Lainnya

1. Suka Meluncur

Penguin suka meluncur diatas salju untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu yang cepat. Akan tetapi jika bersama kelompoknya penguin akan berjalan bersama-sama dan menggoyangkan tubuhnya. Penguin merupakan hewan yang suka berkumpul bersama koloninya. Selain itu pada saat cuaca dingin penguin juga suka memberi kehangatan satu sama lainnya.

2. Anak Penguin Terlatih Mandiri

Penguin betina dan jantan akan bergantian menjaga telur mereka. Ketika induk penguin mencari makan, mereka akan pergi selama berminggu-minggu, sehingga anak-anak penguin berkumpul menjadi satu koloni sambil menunggu induk mereka kembali. Kemudian setelah induknya kembali membawa makanan yang telah dikumpulkan, induk penguin dapat menemukan anaknya kembali dengan bantuan frekuensi audio.

3. Berpuasa Ketika Berganti Kulit

Pada saat berganti kulit penguin akan berpuasa selama berminggu-minggu. Proses pergantian kulit penguin disebut katrastopik.

4. Hewan yang Setia dengan Satu Pasangan

Penguin merupakan hewan yang setia dengan satu pasangan saja atau disebut juga monogami. inilah mengapa penguin dijuluki hewan paling setia. Mereka hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Hebatnya dari sekian banyak penguin dalam koloninya, mereka tetap bisa membedakan antara pasangannya dan teman-temannya.


Nah, itulah fakta-fakta unik hewan penguin. menarik bukan!

semoga artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat pelajar semua.








Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Warna Hitam dan Putih pada Tubuh Penguin - Ruang Belajar Channel"