Pengertian Gaya, Macam-macam Gaya, dan Sifat-sifat Gaya Lengkap dengan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Hai sobat pelajar! Selamat datang kembali di Ruang Belajar Channel.

Apa kabar sobat pelajar? Semoga semuanya tetap sehat dan tambah semangat belajarnya ya.

Kali ini kita akan belajar tentang Gaya! Mulai dari pengertian gaya, macam-macam gaya, dan sifat-sifat gaya. Yuk simak pembahasan selengkapnya.

Pengertian Gaya

Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk. 

Jadi, saat kita menarik/mendorong meja sehingga mejanya itu berpindah posisi berarti ada gaya yang kita berikan terhadap meja tersebut. 

Gaya termasuk besaran vector karena mempunyai besaran (magnitude) dan arah. Pada satuan SI, gaya disimbolkan dengan huruf F dengan satuan pengukur gaya yaitu Newton yang disimbolkan dengan huruf N. Sementara itu, khusus untuk gaya gesek, gaya disimbolkan dengan Fs dan Fk. Fs untuk gaya statis dan Fk untuk gaya kinetis.

Dalam aktivitas sehari-hari, manusia ataupun hewan tidak bisa lepas dari gaya. Dengan kata lain, gaya merupakan bagian yang selalu mengiringi setiap aktifitas manusia. Contohnya seperti berjalan, berlari, mengayuh sepeda, membuka pintu, menyalakan lampu, menarik atau mendorong benda, bermain ketapel, menghapus tulisan dikertas, menjatuhkan benda, dan masih banyak lagi. Semua aktivitas tersebut menggunakan gaya.

Macam-macam Gaya

Nah, apa saja macam-macam gaya ? Mari Perhatikan penjelasan berikut ini :

1. Gaya Otot

Gaya otot merupakan gaya yang dihasilkan oleh otot, baik otot manusia ataupun hewan. Contohnya : saat Mengayuh sepeda untuk membuat sepeda berpindah tempat, kita menggunakan gaya otot yang berasal dari kaki. Kemudian saat Mengangkat meja atau kursi untuk memindahkannya ke tempat lain, kita menggunakan otot lengan. Contoh lainnya yaitu Kuda yang menarik andong agar bisa berjalan. Dan masih banyak lagi contoh gaya otot di sekitar kita.

2. Gaya Listrik

Gaya Listrik adalah gaya yang dihasilkan oleh benda yang bermuatan listrik. Contonya : muatan listrik pada sisir yang telah digosokkan ke rambut dapat menarik potongan kertas. Hal ini disebabkan karena adanya gaya listrik pada sisir yaitu listrik statis. Gaya ini juga sering dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari misalnya untuk menyalakan lampu, kipas angin dan benda-benda elektonik lainnya.

3. Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh magnet. Magnet adalah benda yang dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam seperti besi, baja dan lain sebagainya. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut  dengan benda magnetik. Gaya magnet bisa dimanfaatkan untuk kompas sebagai penunjuk arah, mengangkat rongsokan besi, hiasan yang bisa menempel di kulkas dan masih banyak lagi.

4. Gaya Pegas

Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja atau peregangan benda elastis seperti karet dan per pegas. Semakin besar peregangan pegasnya maka semakin besar pula gaya yang dihasilkan. Contohnya ketika kita menarik anak panah dengan busur, semakain panjang tarikan talibusurnya maka semakin kuat dan jauh pula anak panah tersebut melesat. Begitu juga kalau kita bermain ketapel.

5. Gaya Gravitasi

Gaya gravitasi disebut juga gaya tarik bumi. Gaya ini merupakan kekuatan bumi untuk menarik benda-benda ke bawah. Contohnya saat kita melemparkan bola keatas, maka bola akan jatuh kebawah. Benda yang bergerak jatuh karena gaya gravitasi ini disebut gerak jatuh bebas.

6. Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang bekerja antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Gaya ini terjadi karena sentuhan benda dengan bidang lintasan akan membuat gesekan antara keduanya saat benda akan mulai bergerak hingga benda bergerak. Contoh terjadinya gaya gesek yaitu :  Ketika kendaraan melaju di jalan, yang terjadi adalah gaya gesek antara ban dan tanah. Ketika menghapus tulisan di kertas, gaya gesek terjadi antara penghapus dan kertas. Bola yang di tendang lama kelamaan akan berhenti, gaya gesek terjadi antara bola dan tanah. Dan masih banyak lagi contoh terjadinya gaya gesek di sekitar kita. 

Sifat-sifat Gaya

Berikut ini adalah beberapa sifat gaya :

1. Gaya Dapat Mengubah Arah Benda

Sifat gaya yang pertama adalah gaya dapat mengubah arah benda yang bergerak. Contohnya adalah ketika bermain sepak bola. Misalnya saat kiper mengoper bola ke bek yang ada di sebelah kiri, kemudian bek tersebut mengoper ke pemain yang ada di sebelah kanannya. Nah dengan adanya tendangan, bola yang awalnya ke arah kiri bisa berubah arah ke sebelah kanan.

2. Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda

Sifat gaya selanjutnya adalah gaya dapat mengubah bentuk benda. Contohnya adalah saat kita membuat tembikar dari tanah liat. Melalui gaya, Tanah liat yang awalnya berbentuk tidak beraturan bisa kita ubah menjadi berbentuk tembikar yang sangat bagus. 

3. Gaya Dapat Mengubah Benda yang Diam Menjadi Bergerak

Melalui gaya, benda yang awalnya diam bisa menjadi bergerak. Contohnya adalah meja yang awalnya diam, kemudian kita beri gaya berupa dorong atau tarikan maka meja tersebut akan bergerak.

4. Gaya Dapat Mengubah Benda yang Bergerak Menjadi Diam

Sifat gaya yang ke empat ini merupakan kebalikan dari sifat gaya pada poin sebelumnya. Melalui gaya, benda yang awalnya bergerak bisa menjadi diam. Contohnya adalah ketika kita mengerem sepeda motor saat sedang kita kendarai. Sepeda motor yang awalnya bergerak, dengan gaya gesek saat di rem sepeda motor tersebut manjadi diam. Contoh lainnya, seperti saat kiper menangkap bola yang di tendang.

5. Gaya Dapat Mengubah Kecepatan Gerak Benda

Sifat gaya yang ke lima yaitu gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda. Contohnya seperti ketika mengendarai motor. Saat kita menaikkan gas sepeda motor, maka sepeda motor tersebut juga akan melaju lebih cepat, begitu juga sebaliknya, ketika kita menurunkan gas sepeda motor maka sepeda motornya juga akan melambat. Semua itu tergantung pada gaya yang diberikan orang yang mengendarai sepeda motor.

Nah, itu tadi pembahasan tentang gaya. mulai pengertian gaya, macam-macam gaya, dan sifat-sifat gaya.

Semoga bisa difahami dan bermanfaat. Kurang lebihnya kaka minta maaf dan sampai jumpa di materi selanjutnya.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Pengertian Gaya, Macam-macam Gaya, dan Sifat-sifat Gaya Lengkap dengan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari"