Macam-macam Sendi pada Manusia Lengkap dengan Contoh dan Gambarnya


Macam-macam sendi pada manusia- Hallo Sobat Pelajar... Kembali lagi di Ruang Belajar Channel. Kali ini kita akan belajar tentang macam-macam sendi pada manusia dan contohnya.

Kita harus bersyukur bahwa di dalam tubuh kita ada sesuatu yang bernama sendi. Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang-tulang kita. Bayangkan, di tubuh kita terdapat 206 tulang yang harus saling terhubung satu sama lain. Itu artinya, tanpa sendi, tulang-tulang kita hanya akan mengambang di dalam otot tanpa ada yang menyatukan.

A. Berdasarkan sifat gerakannya sendi di bedakan menjadi 3 macam yaitu :


1. Sendi Mati

Sendi Mati adalah sendi yang tidak dapat bergerak. Contohnya seperti sendi yang ada di tulang tengkorak.


2. Sendi Kaku

Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkantapi terbatas. Contohnya seperti Sendi yang terdapat pada tulang antar ruas tulang belakang dan tulang rusuk.


3. Sendi Gerak

Sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. yang termasuk sendi gerak yaitu : sendi geser, sendi engsel, sendi gulung, sendi putar, sendi peluru, dan sendi pelana.

B. Berdasarkan arah gerakannya sendi dibedakan menjadi 6 macam yaitu :

1. Sendi Geser 


Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh sendi geser yaitu sendi pada pergelangan tangan, pergelangan kaki dan ruas tulang belakang.

2. Sendi Engsel    

Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. contoh sendi engsel yaitu sendi pada tulang lutut dan siku.

3. Sendi Gulung

        

Sendi gulung adalah sendi yang memungkinkan terjadinya gerak rotasi pada poros, tapi gerakannya terbatas dua arah, yaitu bisa bergerak ke depan dan ke belakang, bisa juga ke kanan dan ke kiri, tapi tidak bisa digunakan untuk gerakan memutar. Contoh sendi gulung yaitu sendi pada hubungan tulang pengumpil dan pergelangan tangan.

4. Sendi Putar

Sendi putar adalah sendi yang memungkinkan gerakan memutar di sekitar poros tulang. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Contoh sendi putar adalah sendi antara tulang atlas dan tulang tengkorak.

5. Sendi Peluru

        

Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Salah satu tulang bentuknya mirip bola dan tulang lainnya seperti mangkuk. Contoh sendi peluru adalah hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu. Contoh lainnya yaitu sendi di bagian panggul yang menyatukan tulang panggul dengan tulang paha.

6. Sendi Pelana

Sendi pelana fungsinya mirip seperti “pelana”. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Contoh sendi pelana yaitu sendi yang berada pada tulang pangkal ibu jari.


Nah itulah macam-macam sendi dalam tubuh manusia.

Gimana sobat pelajar, sudah paham kan tentang macam-macam sendi yang ada di dalam tubuh manusia?

Semoga bisa difahami, kurang lebihnya minta maaf, dan sampai jumpa pada materi pelajaran selanjutnya.


Tonoton Video Pembahasannya



Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Macam-macam Sendi pada Manusia Lengkap dengan Contoh dan Gambarnya"