Apa Tujuan Jangkrik Berbunyi? Ternyata Ini Dia Alasannya!


Tujuan Jangkrik Berbunyi

Pernahkah kamu mendengar jangkrik berbunyi di malam hari? Kira-kira apa ya tujuan hewan berdarah dingin itu mengeluarkan suara derik yang khas di tengah malam? Sebagai informasi, ternyata jangkrik tidak menghasilkan derik dari mulutnya lho, melainkan dari gesekan antar sayap mereka. Gerakan ini disebut sebagai stridulasi. Perilaku ini umum dilakukan oleh hewan jenis serangga, seperti jangkrik dan beberapa spesies ular serta laba-laba.

Kembali ketopik utama, apa sih yang menyebabkan jangkrik sering berbunyi di malam hari? Ternyata ini tujuannya!

1. Ingin menandai wilayah kekuasaannya

Setiap hewan biasanya memiliki kecenderungan untuk menguasai suatu wilayah. Beberapa hewan, menandai dengan pipisnya. Ada juga hewan yang menandai wilayah kekuasaannya dengan meninggalkan bekas cakaran di pohon. Nah, begitu pula dengang jangkrik. Hewan ini menandai wilayah kekuasaannya dengan mengeluarkan suara. Biasanya dilakukan oleh Jangkrik jantan, sementara yang betina tidak mengeluarkan suara.

2. Untuk menarik perhatian jangkrik betina

Tujuan selanjutnya jangkrik mengeluarkan bunyi derit adalah untuk menarik perhatian jangkrik betina. Suara yang dikeluarkan tentu sedikit berbeda dengan suara yang dikeluarkan untuk tujuan menjaga wilayah kekuasaan. Suara yang khas ini digunakan saat sang pejantan memasuki masa dan musim kawin.

3. Digunakan saat bertarung

Ya, jangkrik menggunakan suaranya yang khas saat bertarung untuk menunjukkan kejantanan dan kekuatannya saat menghadapi lawan. Seperti kebanyak hewan, jangkrik juga saling menabrakan kepalanya saat sedang berkelahi. Biasanya pertarungan akan selesai apabila salah seekor jangkrik menghentikan suara mereka. Berhentinya suara khas ini menunjukkan bahwa jangkrik tersebut menyerah Setelahnya, jangkrik yang kalah juga akan pergi dari area pertarungan.

4. Untuk mengetahui keberadaan jangkrik lain

Ya, jangkrik juga dikenal sebagai salah satu hewan dengan penglihatan yang buruk. Sehingga, suara gesekan sayap ini juga mereka gunakan untuk mengetahui keberadaan jangkrik lain di sekitar mereka.

Jangkrik menyukai suhu yang hangat. Suara jangkrik akan semakin keras dengan semakin naiknya suhu di sekitarnya. di perkirakan sampai saat ini kurang lebih ada sekitar 900 spesies jangkrik di dunia ini.

Itulah beberapa tujuan mengapa jangkrik mengeluarkan bunyi di malam hari. Ternyata selama ini jangkrik tidak asal berbunyi, ia memiliki maksud di balik perilakunya tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Apa Tujuan Jangkrik Berbunyi? Ternyata Ini Dia Alasannya!"