Biografi Singkat Sang Proklamator, Ir. Soekarno

Biografi Singkat Ir. Soekarno
Biodata Ir. Soekarno

Biografi Singkat Sang Proklamator, Ir. Soekarno - Ir. Soekarno atau yang juga dikenal sebagai Bung Karno merupakan presiden pertama Republik Indonesia sekaligus Bapak Proklamator bangsa ini bersama Drs. Moh. Hatta. Ir.Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di kota Surabaya dan meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Nama lahir Ir. Soekarno adalah Koesno Sosrodihardjo, namun karena sering sakit akhirnya nama tersebut diganti menjadi Soekarno.

Ir. Soekarno merupakan anak dari pasangan suami istri Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Ibu dari sang proklamator merupakan seorang bangsawan Bali yang bertemu dengan ayahnya ketika menjadi guru di Pulau Dewata tersebut.

Waktu kecil Soekarno sempat tinggal di Blitar untuk beberapa waktu. Setelah itu, beliau pindah ke Surabaya untuk menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya. Di Surabaya, Ir. Soekarno tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto yang juga merupakan salah seorang tokoh nasionalis bangsa Indonesia. Setelah menyelesai pendidikan SD, Ir. Soekarno pun melanjutkan sekolahnya ke HBS (Hogere Burger School).

Setelah tamat dari HBS pada tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikannya ke THS (Technische Hoogeschool) yang ada di Bandung yang merupakan cikal bakal berdirinya kampus Institut Teknologi Bandung. Akhirnya pada tanggal 25 Mei 1926, Soekarno berhasil menamatkan pendidikannya di THS dan memperoleh gelar “Ir” yang disematkan di depan namanya.

Selama hidup Soekarno sangat aktif dalam berbagai organisasi. Setelah selesai dari THS dan mendapatkan gelar insinyurnya ia bersama dengan Ir. Anwari mendirikan Biro Insinyur pada tahun 1926. Ia juga mendirikan Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927 yang bertujuan untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Akibat tindakannya itu, Ir.Soekarno ditangkap dan dipenjara oleh Belanda pada tanggal 29 Desember 1929 di penjara Soekamiskin. Tidak jera, Ir.Soekarno tetap melancarkan aksinya untuk memerdekakan negara ini. Hal itu juga lah yang menyebabkan sang proklamator akhirnya harus masuk penjara berkali-kali.

Perjuangan yang dilakukan oleh Ir.Soekarno bersama dengan tokoh proklamator lainnya cukup panjang hingga akhirnya bisa mengumandangkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ir. Soekarno juga merupakan salah satu orang yang terlibat dalam pembentukan dasar negara yang disahkan pada tanggal 1 Juni 1945 melalui sidang BPUPKI. Dasar negara ini lah yang kemudian kita kenal dengan nama pancasila dan menjadi tonggak hukum negara hingga saat ini.

Keaktifan Bung Karno di dalam organisasi tidak hanya terlihat di lingkup nasional saja, Bapak Proklamator ini pun diketahui juga aktif di dalam organisasi internasional, salah satunya yaitu menjadi pelopor terbentuknya Gerakan Non Blok yang beranggotakan bangsa-bangsa di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Gerakan ini merupakan salah satu hasil putusan Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tanggal 1955 di Bandung.

Dilansir dari beberapa sumber, Ir.Soekarno diketahui memiliki 3 orang istri dengan 8 orang anak. Istri pertama beliau adalah Fatmawati dengan anak bernama Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh. Lalu, istri keduanya bernama Hartini dengan anak Taufan dan Bayu. Sementara istri ketiga bernama Ratna Sari Dewi dengan anak bernama Kartika.

Ir. Soekarno cukup lama menjadi Presiden Republik Indonesia hingga akhirnya ia menyerahkan jabatan tersebut kepada Soeharto setelah terjadi gejolak politik yang cukup besar terhadap dirinya yang disebabkan oleh pemberontakan G-30-S/PKI.

Ir. Soekarno meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di RSPAD Gatot Subroto karena sakit. Setelah meninggal, beliau dibawa ke Blitar dan dimakamkan di sana, berdekatan dengan makam sang ibunda, Ida Ayu Nyoman Rai.


 


Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Biografi Singkat Sang Proklamator, Ir. Soekarno"