Macam-macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan Wujud Benda

Ruang Belajar Channel - Kali ini Kita akan belajar tentang macam-macam perubahan wujud benda dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Benda dapat berubah wujud dari satu bentuk ke bentuk lainnya, contohnya adalah ketika kita meletakkan es batu di bawah terik sinar matahari, es yang awalnya berbentuk padat lama kelamaan mencair dan berubah menjadi benda cair. Perubahan wujud benda ini terjadi karena adanya pengaruh pemanasan atau pendinginan.

Sifat-sifat Benda

Sebelum masuk pada pembahasan macam-macam perubahan wujud benda, kita perlu mengetahui sifat-sifat benda terlebih dahulu. Di dunia ini terdapat 3 jenis benda, yaitu benda padat, benda cair dan benda gas. Ke tiga macam benda tersebut memiliki sifat masing-masing.

1. Benda Padat

Sifat benda padat diantaranya yaitu bentuk dan ukurannya cenderung tetap walaupun tempatnya dipindah-pindahkan, selain itu benda padat juga cenderung sulit berubah bentuk dan membutuhkan proses yang cukup lama dengan berbagai macam usaha, seperti memukul, menekan, dan sebagainya.

2. Benda Cair

Sifat benda cair yaitu bentuknya selalu berubah sesuai dengan tempatnya, permukaannya selalu datar, mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, menekan ke segala arah.

3. Benda Gas

Sifat benda gas yaitu bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, menekan ke segala arah, contohnya adalah saat kita meniup ballon, udara yang kita tiup menekan karet balon sehingga balon bisa mengembang.

Perubahan Wujud Benda

Ketiga benda diatas bisa berubah-ubah bentuknya disebabkan karena adanya aksi terhadap benda tersebutTerdapat 6 macam perubahan wujud benda yaitu mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim dan mengkristal.

1. Mencair

Mencair adalah perubahan wujud benda padat menjadi benda cair.

Contoh : Es yang didiamkan di ruang terbuka akan menjadi air. Mentega yang mencair ketika di masukkan kedalam penggorengan yang panas.

2. Membeku

Membeku adalah perubahan wujud benda cair  menjadi padat. Contohnya adalah Air yang dimasukkan kedalam lemari es maka akan menjadi padat.

3. Menguap

Menguap adalah perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Menguap adalah perubahan wujud benda yang memerlukan pemanasan. Contohnya adalah air saat dipanaskan diatas kompor maka akan mengeluarkan uap air

4. Mengembun

Mengembun adalah perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair. Pengembunan terjadi pada gas di udara yang dingin atau suhu rendah menjadi butiran-butiran air. Contohnya adalah terbentuknya embun/butiran air di permukaan daun pada pagi hari atau munculnya titik-titik air di bagian luar gelas yang berisi air dingin atau es.

5. Menyublim

Menyublim adalah perubahan benda padat menjadi gas. Contohnya adalah kamper / kapur barus  yang dibiarkan dalam lemari lama kelamaan akahabis

6. Mengkristal

Mengkristal adalah perubahan wujud benda gas menjadi benda padat. Contohnya adalah air laut menjadi garam,  uap air yang membeku dan menjadi salju.

Itulah Macam-macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari, semoga bermanfaat.

 


Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Macam-macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari"