Mengapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda? Simak Penjelasannya!

Mengapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda? - Ketika ingin mendonorkan darah, antara pendonor dan yang menerima donor diharuskan memiliki golongan darah yang sama karena manusia memiliki golongan darah yang berbeda-beda. Ya, golongan darah manusia secara umum diklasifikasikan menjadi 4 yaitu A, AB, B, dan O. Lalu, apa yang menyebabkan golongan darah tersebut berbeda-beda? Untuk penjelasannya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

macam-macam golongan darah

1. Darah Memiliki Antigen Berdasarkan Jenisnya

Salah satu yang menyebabkan golongan darah berbeda adalah karena antigen di dalam sel darah juga berbeda. Antigen merupakan sel yang unik yang berperan penting dalam menentukan pengklasifikasian rhesus darah manusia. Ketika terdapat rhesus darah yang berbeda, maka antibodi akan menganggap darah tersebut sebagai ancaman bagi tubuh sehingga tidak  bisa didonorkan.

2. Adanya Mutasi Genetik

Adanya mutasi genetik tidak dapat dipungkiri adalah hal umum yang terjadi pada manusia seiring terjadinya evolusi biologi pada manusia yang hidup di masa lampau. Beberapa fakta dan temuan sejarah menyebutkan bahwa terjadinya perbedaan golongan darah pada manusia juga salah satunya disebabkan oleh mutasi genetik yang terjadi pada sel darah manusia itu sendiri sejak berjuta tahun yang lalu.

Mutasi genetik tersebut tidak hanya menyebabkan perbedaan tipe atau golongan darah saja, tetapi juga menyebabkan terjadinya perbedaan rhesus dari setiap sel darah manusia.

3. Sebagai Bentuk Pencegahan Terhadap Penyakit

Seperti yang telah dipelajari sebelumnya, bahwasanya perbedaan golongan darah dapat terjadi akibat mutasi genetik dari  sel darah. Hal ini terjadi karena tubuh manusia berusaha beradaptasi terhadap berbagai jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Adanya perbedaan ini adalah sebagai bentuk respon tubuh terhadap apapun yang masuk ke dalamnya, termasuk antigen asing.

4. Adanya Mutasi Antigen

Secara umum antigen terbagi menjadi dua yaitu epitop dan hapten. Epitop sendiri merupakan salah satu faktor penting yang berhubungan dengan pengklasifikasian sel darah merah. Sementara, hapten berfungsi dalam pengaktifan sistem imun tubuh yang ada pada protein.

5. Imunoglobulin yang berbeda

Imunoglobulin adalah salah satu jenis protein yang diproduksi oleh sel plasma dan membentuk berbagai imunitas tubuh pada manusia dan hewan. Nah, pengklasifikasian imunitas ini juga disebut-sebut bisa mempengaruhi pengklasifikasian antigen di dalam sel darah merah.

Itulah beberapa poin yang menjelaskan kenapa golongan darahmanusia berbeda-beda. semoga informasi ini bermanfaat.

 


Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Mengapa Manusia Memiliki Golongan Darah Berbeda? Simak Penjelasannya!"