Mengapa Perut Kita Berbunyi Saat Lapar? Ternyata Ini Penjelasannya!

mengapa perut berbunyi saat lapar

Pernahkah kamu mendengar perutmu tiba-tiba berbunyi ketika kamu merasa lapar? Tak jarang bunyi ini terdengar keluar hingga membuat orang-orang di sekelilingmu ikut mendengarkannya. Perut yang bunyi memang sering dikaitkan dengan kondisi perut yang kosong atau lapar. Lalu, benarkah demikian? Jika, iya. Apa sebenarnya yang menyebabkan perut berbunyi ketika kita merasa lapar?

Mengapa perut berbunyi saat lapar?

Terlepas kamu merasa lapar atau tidak, sebenarnya perut selalu menghasilkan bunyi karena banyaknya aktivitas yang terjadi di dalam perut. Perutmu mengandung sejumlah organ yang berperan dalam proses pencernaan, mulai dari lambung, usus kecil, hingga usus besar. Gerakan yang terjadi dalam perut ini kebanyakan adalah gerakan peristaltik yang tidak kamu sadari. Jadi, semua organ akan bergerak dengan sendirinya bahkan tanpa kamu perintah.

Umumnya gerakan peristaltik akan terjadi di lambung sebanyak 3 kali dalam satu menit dan 12 kali per menit pada usus halus. Gerakan ini lah yang menimbulkan suara pada perut kamu, yaitu suara dinding lambung dan usus halus yang sedang bekerja mencerna makanan.

Tapi, kenapa saat lapar suaranya lebih kencang?

Ketika perutmu kosong, perut akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengeluarkan hormon. Otak akan merespon sinyal tersebut dengan merangsang otot-otot polos pada organ pencernaan untuk berkontraksi dan memulai gerakan peristaltik.

Pada proses ini akan terjadi dua hal. Pertama perut akan menyapu makanan-makanan yang masih tersisa dan yang kedua perut akan merasa lapar akibat getaran yang ditimbulkan oleh gerakan tersebut.

Mengapa suaranya menjadi lebih kencang? Hal ini disebabkan karena perutmu kosong. Artinya tidak ada makanan yang bisa meredam suara-suara tersebut seperti biasanya. Jadi, Suara perut yang kosong ini terdengar seperti bunyi krucukkrucuk atau di dalam dunia medis disebut borborigmi. Peristiwa ini adalah hal yang normal terjadi pada semua orang. Jadi, tidak perlu khawatir jika perutmu tiba-tiba berbunyi ketika mencium aroma makanan apalagi jika kamu memang sedang kelaparan.

Tips Meredakan Bunyi Perut

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredakan suara perut keroncongan.

Makan

Saat perut perut kosong dan mulai berbunyi keroncongan mulailah mengkonsumsi makanan. Cara ini sangat efektif untuk meredakan bunyi perut yang keroncongan. Dengan makan, perut akan terisi dan mencernanya. Makanan yang tercerna akan meredakan bunyi perut dalam jangka waktu yang lama. Apabila sering mengalami bunyi perut, Anda bisa menyediakan cemilan di kantong untuk mengantisipasinya.

Minum

Salah satu cara untuk meredakan bunyi perut saat lapar adalah dengan minum. Cara ini mungkin tidak bertahan lama, tapi paling tidak bisa meredakan bunyi keroncongan saat itu juga. 

Dengan meminum air putih perut akan terisi oleh air sehingga dapat merilekskan reaksi tubuh saat lapar. selain iyu, dengan meminum air putih juga dapat memperlancar organ pencernaan sehingga bunyi keroncongan dalam perut akan reda untuk sementara waktu.

Berbaring Terlentang

Jika Kita sedang tidak ada makanan atau minuman, untuk meredakan bunyi keroncongan saat lapar adalah dengan berbaring terlentang dan meletakkan beban di atas perut kita, ini akan meredakan bunyi perut keroncongan sementara waktu.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk " Mengapa Perut Kita Berbunyi Saat Lapar? Ternyata Ini Penjelasannya!"