Mengapa Singa Disebut Raja Hutan? Temukan Disini Jawabannya!

Mengapa Singa Disebut Raja Hutan?


Pernah nonton film Simba? Yang menceritakan tentang seekor singa kecil yang akan menggantikan kepemimpinan sang ayah sebagai Raja Hutan. Film ini tentu bukan tanpa alasan menjadikan singa sebagai ikon Raja Hutan mengingat singa sama sekali tidak tinggal di hutan, melainkan di padang rumput.

Lalu, kenapa singa masih dijuluki Raja Hutan? Bukankah lebih pantas jika Harimau yang menduduki tahta tersebut?

Sebenarnya hal ini tidak ada kaitannya dengan tempat tinggal singa atau siapa sebenarnya yang paling kuat di hutan. Sebutan ini dilekatkan kepada singa karena mitos dan penampakannya.

Di kebudayaan Eropa kuno, Asia dan Afrika, singa merupakan lambang dari kekuatan. Apalagi singa jantan, surai di bagian kepalanya terlihat seperti mahkota raja. Inilah salah satu alasan mengapa singa disebut sebagai raja hutan.

Terlepas dari itu, singa adalah hewan yang hidup berkelompok dan mereka sama sekali tidak mengenal kasta. Artinya semua jenis singa sama dan sederajat. Meskipun singa jantan melindungi kawanannya, tapi bukan berarti ia disebut sebagai raja.

Adapun beberapa alasan lain mengapa singa disebut sebagai raja hutan adalah sebagai berikut:
  • Singa memiliki tubuh yang besar, tidak hanya itu singa juga memiliki perawakan yang gagah terutama sang pejantan. Satu ekor singa bisa memiliki ukuran hingga 2 meter dengan berat 200 kg.
  • Singa memiliki auman yang sangat keras, saking kerasnya auman singa bisa terdengar dari jarak 8 kilometer. Inilah yang sering membuat musuhnya ketar-ketir.
  • Singa hidup dengan teratur, hal ini terutama terjadi saat perburuan. Yang melanggar aturan maka akan dikenai hukuman.
  • Singa berada di puncak rantai makanan. Pada ekosistem savana, singa berperan sebagai konsumen puncak. Artinya tidak ada yang bisa memakan singa lagi ekosistem tersebut.
  • Singa tidur sangat lama, terutama sang pejantan. Dalam sehari singa jantan bisa tidur hingga 20 jam. Gaya ini santainya ini lah yang disebut sebagai gaya hidup seorang raja.

Demikianlah beberapa alasan mengapa singa disebut sebagai raja hutan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Mengapa Singa Disebut Raja Hutan? Temukan Disini Jawabannya!"