Mengenal Sosok John Dewey, Tokoh Pendidikan Dunia yang Sangat Berpengaruh

Jhon Dewey

John Dewey adalah salah satu tokoh pendidikan dunia yang sangat berpengaruh di dunia. Ia adalah seorang kritikus sosial di Amerika serta filsuf yang sangat pandai. Banyak sekali perubahan yang diberikan oleh John Dewey, khususnya pada dunia pendidikan di Amerika Serikat. Karena ia memiliki sumbangsih sangat besar, potret John Dewey pun diabadikan pada perangko di Negara Paman Sam tersebut.

Pemikiran John Dewey dalam Dunia Pendidikan

Jika di Indonesia memiliki Ki Hajar Dewantara, maka Amerika Serikat mempunyai John Dewey. Ia pun memiliki pemikiran atau pandangan terhadapan pendidikan. Pertama, bagi Dewey pendidikan adalah upaya untuk membantu manusia untuk merefleksikan sebuah masalah di masyarakat. Kedua, pendidikan adalah upaya untuk melengkapi manusia supaya bisa menghasilkan perubahan yang jelas di dalam kehidupannya.

Dari kedua pemikiran tersebut, Dewey pun menegaskan pentingnya pendidikan untuk manusia. Dimana bagi dirinya hal paling penting dalam pendidikan yaitu sifat sosialnya. Tidak hanya itu saja, Dewey juga berpendapat bahwa pendidikan harus berorientasi kepada lingkungan sehingga mampu memacu pengalaman bertumbuh.

Dewey berpendapat bahwa tujuan pendidikan harus didasari dari lingkungan tempat siswa tumbuh serta berkembang atau dimana proses pendidikan tersebut berlangsung. John Dewey juga mengatakan pendidikan yang efektif merupakan pendidikan yang berada di lingkungan demokratis serta keterbukaan. Dimana siswa bebas melakukan pembelajaran serta penyelidikan.

John Dewey pun juga menyatakan akan tujuan pendidikan bisa didapatkan dengan 3 langkah, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Melakukan identifikasi terhadap faktor apa saja yang menghalangi siswa dalam mencapai tujuan serta harus memperhatikan sarana agar siswa pun bisa mencapai tujuan pendidikan.
  2. Selanjutnya sarana yang ada harus diurutkan penggunaannya.
  3. Setelahnya harus melakukan pertimbangan manfaat dari sarana yang sudah disediakan.

Dalam proses pembelajaran pun, Dewey pun juga menyatakan ada dua hal penting yang harus ada. Pertama adalah dari kurikulum yang dibuat pun harus berdasarkan pengalaman yang teruji dan bisa saja berubah berdasarkan dari minat dan kebutuhan pelajar. Lalu, kedua menjalankan metodologi pendidikan harus berdasarkan learning by doing. Sehingga nantinya siswa akan lebih aktif.

Pemikiran John Dewey di Bidang Filsafat

Tadi sudah disebutkan bahwa John Dewey juga merupakan seorang filsuf. Ia memiliki pandangan bahwa realitas sendiri dibangung dengan tindakan akal budi. Dimana hal tersebut berdasarkan ingatan yang terjadi akan pengalaman masa lalu. Dari ingatan tersebut, akal budi pun akan digunakan untuk menciptakan suatu hal yang baik.

Dewey sendiri tidak hanya berfokus pada pemikiran metafisik saja, tapi juga fokus untuk dapat memberikan pengarahan terhadap sebuah perbuatan yang lebih nyata dalam menjalani kehidupan. Pemikiran dari Dewey ini pun membawa filsafat untuk melandasi sebuah penyelidikan serta mengolah pengalaman dengan cara kritis. Sehingga bisa menyusun sistem nilai atau kerap kita sebut norma.

Dengan dua pemikiran Dewey terhadap pendidikan dan filsafat ini pun memberikan banyak perubahan di Amerika. Pendidikan dengan tujuan yang jelas serta membiarkan siswa tetap berperan aktif pun menjadi dasar sekolah-sekolah di sana.

Metode learning by doing hingga sekarang pun masih menjadi metode yang paling berhasil untuk membangun kemampuan siswa. Bahkan dengan cara ini, siswa bisa terus aktif dan bisa memahami materi pembelajaran dengan mudah. Karena metode ini sendiri akan mengajak siswa untuk turut andil dalam materi dan bisa mengembangkan kemampuan.

 

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Mengenal Sosok John Dewey, Tokoh Pendidikan Dunia yang Sangat Berpengaruh"