Pengaruh Era Digital Untuk Pendidikan di Indonesia Sekarang


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sekarang ini perkembangan teknologi sudah sangat maju sekali. Di era serba digital seperti sekarang, tidak hanya satu aspek saja yang terkena dampaknya, tapi juga pendidikan. Dimana pengaruh ini pun sudah dirasakan pada pendidikan di Indonesia. Sebenarnya apa pengaruh dari era digital terhadap pendidikan Indonesia? Mari, simak ulasannya di bawah ini.

Pengaruh Baik Era Digital Dalam Pendidikan di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan era digital ini memberikan pengaruh yang sangat baik kepada pendidikan di Indonesia. Dimana jelas ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar pendidikan Indonesia bisa berkembang pesat ke arah lebih baik. Berikut ini pengaruh baik yang diterima pendidikan Indonesia dari era digital:

Pembelajaran jadi lebih atraktif

Pengaruh pertama yang dirasakan oleh pendidikan Indonesia dari era digital ini adalah pembelajaran pun akan semakin lebih atraktif. Karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan di era digital ini. Termasuk dengan membuat buku yang dilengkapi animasi yang jelas akan lebih menarik.

Tidak hanya itu saja, siswa pun nantinya tidak akan pernah bosan dengan apa yang disampaikan dalam materi pembelajaran. Karena semuanya sudah diberikan ilustrasi yang memang bisa merangsang otak untuk lebih mudah mengingat. Dengan begini penyampaian materi pun akan lebih berhasil dibandingkan dengan cara lainnya.

Informasi dapat diperoleh dengan mudah

Dampak baik dari masuknya era digital pada dunia pendidikan adalah informasi dapat diperoleh dengan lebih mudah lagi. Jaringan internet yang sekarang ini semakin luas, memberikan kemudahan siswa untuk mencari materi di luar buku sekolah. Tentu saja harus dengan bimbingan orang tua dan guru, agar informasi bisa dipahami dengan lebih baik oleh siswa.

Dengan berbagai informasi yang dapat diperoleh dengan mudah ini, maka siswa bisa mengerti satu materi dengan sumber yang berbeda. Dimana nantinya siswa pun akan belajar akan pendapat lain dari beberapa sumber yang jelas memberikan pandangan yang lebih luas lagi. Sehingga di masa depan pun siswa bisa menjadi orang yang lebih aktif.

Muncul metode baru dalam pembelajaran

Selain pembelajaran yang lebih menarik dan tidak membosankan, dengan pendidikan di era digital ini pun akan mampu memberikan metode pembelajaran baru yang mungkin akan lebih efektif. Contohnya adalah ketika pandemi saat ini, dimana hampir seluruh sekolah di Indonesia memutuskan untuk belajar secara daring.

Dengan metode yang satu ini pun pemberian materi tidak akan dibatasi dengan jarak serta waktu. Sehingga kedepannya mungkin akan ada metode yang membebaskan siswa untuk memilih kapan waktu yang tepat untuk mereka belajar. Tidak hanya itu saja, dengan adanya metode baru ini sendiri, diharapkan pembelajaran materi bisa menjadi lebih efektif.

Pengaruh baik ini dari kemajuan era digital ini sendiri pun harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada era digital ini yang juga bisa berdampak buruk pada pendidikan. Salah satunya adalah dari mudahnya mendapatkan informasi.

Dimana sekali lagi peran orang tua dan guru pun sangatlah penting agar anak didik tidak mendapatkan informasi yang salah atau bohong. Apalagi dengan banyaknya situs yang berbahaya. Maka daripada itu, peran orang tua di rumah penting agar anak hanya menggunakan digitalisasi sesuai dengan usia mereka dan guru memberikan pengarahan kepada siswa.

 

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Pengaruh Era Digital Untuk Pendidikan di Indonesia Sekarang"