Bagian-bagian Rangka Manusia dan Fungsinya

pembagian rangka manusia

Bagian Rangka Manusia - Tahukah kamu, bahwa bayi yang baru lahir sudah memiliki lebih dari 300 bagian tulang, akan tetapi kebanyakan merupakan tulang rawan. Jumlah tulang pada bayi akan berkurang dan tulang-tulangnya menjadi semakin keras seiring pertumbuhannya menjadi dewasa. Hal tersebut disebabkan karena adanya penyatuan tulang, misalnya yaitu penyatuan tulang ubun-ubun bayi. Pada manusia dewasa jumlah tulang menjadi tinggal 206 tulang keras.

Tulang-tulang yang saling bersambung dan tersusun secara teratur di dalam tubuh manusia disebut dengan rangka manusia. Tanpa adanya rangka, maka tubuh kita akan lembek seperti agar-agar karena tidak ada tempat untuk menempelnya otot terlebih lagi organ-organ vital dalam tubuh menjadi tidak terlindungi dan rentan cedera. Oleh karena itu, keberadaan tulang dalam tubuh kita sangatlah penting, sehingga kita harus menjaganya dengan memakan makanan yang bergizi dan mengandung kalsium.


Pembagian Rangka Manusia

Secara garis besar rangka manusia dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu rangka kepala (tengkorak), rangka badan, dan rangka anggota gerak. berikut ini penjelasannya.

1. Rangka Kepala (Tengkorak)

Terdapat beberapa tulang yang membentuk rangka kepala, diantaranya yaitu tulang dahi, tulang hidung, tulang rahang atas, tulang rahang bawah, dan tulang pipi.

Pada Rangka kepala bagian depan membentuk dasar wajah manusia. Tulang-tulang yang membentuk wajah diantaranya yaitu tulang dahi, tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas, dan tulang rahang bawah. Selain itu, otot wajah juga mempengaruhi bentuk wajah manusia. Otot biasa kita sebut dengan daging. Hal tersebut menjadikan bentuk wajah manusia berbeda-beda, ada yang terlihat lonjong, bulat, ataupun persegi.

Sedangkan Rangka kepala bagian belakang membentuk batok kepala. Batok atau tempurung kepala bentuknya mirip dengan batok kelapa.

Adapun tulang-tulang yang melindungi otak yaitu tulang dahi, tulang belakang kepala, 2 tulang pelipis, 2 tulang ubun-ubun, 2 tulang baji, dan 2 tulang tapis. 

2. Rangka Badan

Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher sampai dengan tulang ekor. terdapat 7 ruas tulang yang membentuk tulang leher yang bersambung dengan tulang punggung sampai tulang ekor. Tulang punggung sampai tulang ekor tersusun oleh 26 ruas tulang. Jadi jumlah ruas tulang mulai tulang leher sampai tulang ekor adalah 33 ruas tulang. 33 ruas tulang ini disebut tulang belakang.

Kemudian di bagian depan rangka badan terdapat tulang rusuk yang melekat ke tulang dada. tulang rusuk dan tulang dada membentuk rongga dada.

Di atas rongga dada terdapat rangka bahu (pundak). Rangka bahu dibentuk oleh tulang selangka dan tulang belikat.

Pada rangka badan bagian bawah terdapat rangka panggul (gelang panggul). Gelang panggul (pinggul) dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang kemaluan.

3. Rangka Anggota Gerak

Rangka anggota gerak terdiri dari anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Anggota gerak atas disebut juga lengan (tangan) sedangkan anggota gerak bawah disebut juga kaki.

Rangka anggota gerak atas (tangan) dibentuk oleh tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang jari tangan.

Sedangkan rangka anggota gerak bawah (kaki) dibentuk oleh tulang paha, tempurung lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan tulang jari kaki. Diantara tulang-tulang penyusun rangka manusia yang paling besar adalah tulang paha.

Fungsi Rangka pada Manusia

Fungsi rangka pada manusia adalah :

1. Memberikan Bentuk Tubuh

Rangka yang tersusun dalam tubuh memberikan bentuk tubuh manusia. Manusia memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda. perbedaan postur tubuh dan bentuk wajah seseorang di pengaruhi oleh rangka manusia yang berbeda-beda. Susunan rangka tengkorak, rangka badan, dan rangka anggota gerak berfungsi untuk memberikan bentuk tubuh manusia.

2. Menegakkan Tubuh

Tulang-tulang dalam tubuh orang dewasa memiliki berat sekitar 5-9 kg. Tulang-tulang tersebut mampu menopang berat badan manusia yang lebih berat. Dengan adanya rangka dalam tubuh, seseorang dapat berdiri dengan tegak.

3. Melindungi organ tubuh

rangka berfungsi melindungi organ tubuh penting manusia. rangka yang merupakan susunan tulang-tulang yang keras melindungi organ-organ penting yang lunak. Seperti rangka tengkorak melindungi otak, bola mata, dan saluran pernafasan bagian atas, Kemudian rangka badan melindungi organ penting seperti jantung dan paru-paru.

4. Tempat Melekatnya Otot

Otot dalam tubuh melekat pada tulang-tulang penyusun rangka manusia. rangka manusia dan otot merupakan dua bagian yang tak terpisahkan. kedua bagian tersebut bekerjasama sehingga memudahkan manusia untuk bergerak. Rangka manusia dapat bergerak karena adanya kontraksi pada otot. Tanpa adanya otot rangka manusia tidak dapat bergerak, oleh karena itu rangka disebut sebagai alat gerak pasif.

5. Tempat Menghasilkan Sel Darah

Sel-sel darah manusia di bentuk di dalam sumsum tulang manusia. Sumsum merupakan jaringan lunak yang terdapat di rongga-rongga bagan dalam tulang manusia. Fungsi rangka disini sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

6. Sebagai Fungsi Imunoglogis

Rangka manusia berfungsi sebagai tempat penghasil sel-sel imunitas atau kekebalan tubuh yang terdapat pada sumsum tulang.

7. Menyimpan Mineral

Kurang lebih terdapat sekitar 62% matriks tulang yang tersusun dari garam anorganik terutama kalsium fospat dan kalsium karbonat. Dan terdapat sekitar 99% kalsium terdapat pada rangka tubuh. Rangka tubuh yang terdiri dari tulang-tulang ini sebagai tempat menyimpan kalsium dan fosfor. Kalsium berfungsi sebagai kontaksi otot dan pembekuan darah. Fosfor berfungsi sebagai pembentukan ATP (Adenosin Trifosfat).

Adenosin Trifosfat adalah molekul yang membawa energi keseluruh tempat didalam tubuh. Energi-energi tersebut akan tersimpat didalam ATP hingga saat dibutuhkan tubuh, ATP akan melepaskan gugus fosfatnya.


Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Bagian-bagian Rangka Manusia dan Fungsinya"