Ini 6 Profil Pelajar Pancasila Hasil Rumusan Kemendikbud yang Perlu Kita Ketahui – Ruang Belajar Channel

Pendidikan akademis sudah selayaknya seimbang dengan pendidikan karakter. Oleh karena itulah, Kita harus tahu 6 profil pelajar Pancasila ini!

6 Profil Pelajar Pancasila

Pendidikan akademis sudah selayaknya seimbang dengan pendidikan karakter. Oleh karena itulah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan 6 profil pelajar Pancasila yang bakal menunjang kebutuhan pendidikan di masa kini.

Latar Belakang Profil Pelajar Pancasila

Mendikbud Ristek Nadiem Makarim telah mencanangkan Merdeka Belajar yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi persaingan global.

Beliau juga menjelaskan bahwa tantangan utama pendidikan Indonesia adalah demografi Indonesia yang bhineka. Demi mengatasi keberagaman ini, pendidikan Indonesia pun harus seimbang dengan pendidikan karakter.

Oleh karena itu, Kemendikbud Ristek memperkenalkan 6 profil pelajar Pancasila untuk memudahkanmu memahami kriteria pelajar Indonesia yang ideal di zaman digital ini.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Tujuan profil pelajar Pancasila adalah mendorong generasi muda Indonesia untuk tetap tangguh menghadapi pola hidup bermasyarakat yang baru. Jadi, apa saja 6 profil pemuda Pancasila? berikut ini pembahasannya.

6 Profil Pelajar Pancasila

Berikut ini 6 profil pelajar Indonesia yang wajib Kita ketahui!

1. Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME

Seorang pelajar Indonesia harus punya akhlak yang mulia. Dalam artian, pelajar dapat menjadi siswa yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, pelajar harus mampu memahami apa saja ajaran agama dan kepercayaan yang mereka anut.

Tak lupa, mereka pun juga wajib menerapkan pengertian agamanya dalam kehidupan sehari-hari sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Dalam profil pelajar Indonesia, Kita harus memahami juga elemen kunci dalam beriman dan bertakwa. Pasalnya, Kita harus mengingat bahwa berakhlak mulia ternyata meliputi banyak hal termasuk:

  • Beragama
  • Bermanfaat bagi manusia
  • Berakhlak pada alam
  • Bernegara dengan baik

2. Berkebhinekaan Global

Kita mungkin sudah mengetahui bahwa kita semua punya kewajiban untuk mempertahankan budaya luhur Indonesia. Ini bertujuan untuk melindungi lokalitas dan identitas Indonesia hingga di masa depan.

Namun, seorang pelajar Indonesia juga harus mengembangkan pikiran yang terbuka saat melakukan interaksi dengan budaya lainnya. Tindakan seperti ini dapat Kita pelajari dalam profil pelajar Pancasila yang kedua yaitu kebhinekaan global.

Pelajar Pancasila harus mampu saling menghargai antara budaya yang berbeda. Dengan demikian, persinggungan dengan budaya baru akan terlaksana secara positif, tanpa bertentangan dengan budaya bangsa yang luhur.

Contoh penerapan elemen kuncinya adalah dengan berusaha mengenal dan menghargai kebudayaan lain. Ini akan menumbuhkan beberapa hal positif dalam benak pelajar Indonesia, seperti:

  • Mampu berkomunikasi interkultural secara ideal
  • Refleksi pengalaman kebhinekaan
  • Punya tanggung jawab menjaga keharmonisan negara Indonesia yang punya keberagaman

3. Gotong Royong

Gotong royong merupakan budaya luhur yang telah dimiliki Indonesia sejak masa lampau. Oleh karena itu, seorang pelajar Pancasila juga harus dapat mempraktikkan gotong royong dalam berbagai aspek kehidupannya. 

Contoh penerapan profil pelajar Pancasila yang satu ini adalah belajar menjalani kegiatan dengan bersama-sama. Tujuannya supaya semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan beban kerja menjadi lebih ringan.

Beberapa elemen kunci dari gotong royong adalah:

  • Kolaborasi
  • Berbagi
  • Kepedulian

4. Mandiri

Mandiri bukan hanya soal melaksanakan berbagai kegiatan sendiri melainkan juga tentang bertanggung jawab belajar demi kebutuhan pribadi. Dalam hal ini, seorang pelajar Pancasila harus mampu mengawal keseluruhan proses dan hasil belajar secara mandiri.

Lebih daripada itu, pelajar Indonesia harus mampu menimba pengetahuan secara pribadi sehingga dapat mendukung kelancaran hidup mereka di masa depan. Adapun beberapa kunci kemandirian belajar antara lain:

  • Kesadaran diri
  • Regulasi diri
  • Kesadaran terhadap situasi yang terjadi

5. Punya Nalar Kritis

Salah satu ciri penting dari seorang pelajar Pancasila adalah kemampuan nalar kritis yang membuat mereka dapat mencerna informasi dengan baik. Kemampuan ini berguna untuk memahami berbagai jenis informasi baik kualitatif maupun kuantitatif.

Lebih daripada itu, seorang pelajar Indonesia harus mampu membaca gambaran profil pelajar Pancasila dari berbagai informasi yang terkait. Mereka juga harus dapat memberikan analisa menyeluruh termasuk mengevaluasi dan menyimpulkan pandangannya.

Berikut beberapa elemen kunci penalaran kritis yang harus Kita ketahui!

  • Memeroleh informasi
  • Memroses informasi
  • Melakukan analisis
  • Memberikan evaluasi
  • Refleksi proses berpikir
  • Mengambil keputusan

6. Kreatif

Pelajar Indonesia harus mampu berpikir kreatif terutama dalam menghadapi berbagai tantangan global. Dengan kreativitas yang tinggi, generasi muda akan mampu memberikan modifikasi terhadap ilmu lama maupun menghasilkan teknologi baru yang orisinal.

Terlebih lagi, semua hasil kreativitas pelajar Pancasila harus memberikan manfaat dan dampak bagi masyarakat di sekitarnya. Adapun kunci kreatif terletak pada gagasan, karya, serta tindakan yang orisinal.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Ini 6 Profil Pelajar Pancasila Hasil Rumusan Kemendikbud yang Perlu Kita Ketahui – Ruang Belajar Channel"