Inilah Penyebab Kenapa Tanaman Putri Malu Daunnya Menutup Saat di Sentuh

putri malu
Saat kamu menyentuh daun putri malu, maka daun itu akan menutup secara otomatis. Lantas, kenapa tanaman putri malu menutup saat di sentuh? Yuk, cari jawabannya di bawah ini.

Kenapa Daun Putri Malu Menutup Saat Disentuh?

Perlu kamu tahu bahwa gerakan tanaman putri malu alias Mimosa Pudica yang menutup daunnya disebut sebagai seismonasti. Alasan daun putri malu menutup karena ada bagian tertentu dari sel yang kehilangan tekanan tugor.

Tekanan tugor ini merupakan suatu tekanan yang terjadi pada dinding sel oleh air yang ada di dalam lubang sel serta isi sel lainnya.

Jadi, saat tanaman putri malu diberikan rangsangan, maka bagian tertentu yang ada pada batang akan bereaksi untuk melepaskan zat-zat kimia.

Tentunya, hal ini termasuk zat postasium yang akan memaksa air untuk keluar dari lubang sel. Sehingga, dapat menyebabkan tekanan dalam sel tersebut.

Akhirnya, sel pun menjadi kempis karena ada perbedaan tekanan yang terjadi pada bagian tertentu dalam sel dan membuat lembaran daun menutup. Biasanya, rangsangan ini pun akan diteruskan ke daun-daun lain yang saling berdekatan.

Daun Putri Malu Menutup Karena Ada Rangsangan

Putri malu akan menutup saat kamu mulai menyentuh daunnya. Tak hanya karena sentuhan, putri malu akan bereaksi seperti itu saat terkena rangsangan lainnya. Misalnya, tiupan, goyangan, hingga rangsangan berupa panas.

Daun Putri Malu Menutup Sebagai Bentuk Pertahanan Diri

Para ilmuwan mengungkapkan jika daun putri malu akan menutup saat disentuh sebagai bentuk pertahanan diri dari pemangsa tanaman tersebut. Pasalnya, sebagian pemangsa berupa hewan akan merasa takut pada tanaman yang bergerak.

Dengan begitu, hewan pemangsa itu tidak akan menganggu dan menyentuh tanaman yang bergerak. Sehingga, tanaman putri malu akan merasa aman tanpa ada gangguan dari hewan pemangsa.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa tanaman putri malu menutup saat di sentuh. Hal ini dikarenakan adanya rangsangan hingga bentuk pertahanan diri.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Inilah Penyebab Kenapa Tanaman Putri Malu Daunnya Menutup Saat di Sentuh"