Mengapa Mata Terasa Perih dan Menangis Ketika Memotong Bawang Merah?

mata perih saat memotong bawang

Pernah gak sih, kalian bertanya-tanya, mengapa mata kita berlinang air mata ketika memotong bawang merah? Hal ini tidak ada kaitannya dengan cerita rakyat “Si Bawang Merah dan Si Bawah Putih”, ya! Sebab, ada penjelasan ilmiah dibalik fenomena mata perih karena bawang.

Di artikel kali ini kita akan membahasnya bersama-sama. Baca terus sampai akhir, yuk!

Penyebab Mata Pedih dan Menangis Saat Memotong Bawang Merah

Oke, rupanya ada penjelasan ilmiah alasan kebanyakan kita bercucuran air mata saat mengiris bawang merah. Bawang merah mengandung asam amino sulfoksida, yang merupakan senyawa belerang bersifat mudah berubah ke gas.

Dikutip dari laman WebMD, menurut Dr. Robert Rosa Jr, seorang dokter mata di Texas A&M College of Medicine, gas sulfoksida akan membuat mata perih karena bawang akan melepaskan gas sulfoksida dan enzim ke udara. Terlebih saat bawang merah dipotong atau diiris.

Gas inilah yang membuat mata kita terasa perih dan menangis. Hampir mirip seperti mata kita terasa perih saat terpapar asap pembakaran. Gas sulfoksida bawang merah difungsikan untuk mencegah makhluk atau mikroorganisme lain memakan umbi bawang merah di dalam tanah.

Baik bawang merah atau bawang putih, semuanya memiliki konsentrasi enzim atau gas sulfoksida. Akan tetapi, jenis bawang seperti daun bawang memiliki konsentrasi yang lebih rendah.

Lebih lanjut, mata kita memiliki seperangkat saraf yang mampu mendeteksi segala sesuatu yang berpotensi berbahaya bagi mata, termasuk gas. Jika sampai mata terpapar gas sulfoksida bawang merah, maka secara otomatis mata akan mencoba membersihkannya dengan mengeluarkan air mata.

Dr Rosa juga mengungkapkan sensasi mata perih, panas, hingga mengeluarkan air mata, tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Bagaimana Cara Mengatasi MataPerih Karena Bawang?

Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengurangi efek mata perih karena bawang. Antara lain:

  • Gunakan pisau tajam untuk memotong bawang merah dan mengurangi jumlah kerusakan pada sel bawang merah.
  • Dinginkan bawang merah di lemari es untuk menekan gas sulfoksida.
  • Potong bawang merah menjadi dua lalu rendam dalam semangkuk air sebelum diiris-iris.
  • Pakai kacamata saat mengiris bawang merah.

Nah, gimana, mudah kan, tips mengurangi mata perih karena bawang saat mengiris atau memotongnya? Yuk, terus semangat belajar bersama Ruang Belajar Channel dengan topik menarik dan informatif lainnya, ya! Semoga bermanfaat.

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Mengapa Mata Terasa Perih dan Menangis Ketika Memotong Bawang Merah?"