Sejarah Lengkap Peristiwa Rengasdengklok - Latar Belakang hingga Kronologi Peristiwa

Sejarah Lengkap Peristiwa Rengasdengklok

Sejarah kemerdekaan Indonesia diwarnai dengan berbagai polemik politik yang mendebarkan. Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satunya. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah lengkap Rengasdengklok?

Faktanya, persiapan proklamasi tidak berjalan semulus yang kamu kira. Terlebih lagi, ada banyak pihak yang saling berkontradiksi.

Ada yang ingin Indonesia merdeka secepat mungkin. Namun, ada juga yang menginginkan Indonesia meraih kemerdekaan hanya pada waktu yang tepat.

Sebelum mencapai titik kemerdekaan inilah, peristiwa Rengasdengklok terjadi. Lebih daripada itu, peristiwa inilah yang akhirnya membawa kita pada hari kemerdekaan Indonesia tepat di tanggal 17 agustus 1945.

Oleh karena itu, mari kita bahas bersama apa yang terjadi di Rengasdengklok sebelum kemerdekaan Indonesia!

Kapan Peristiwa Rengasdengklok Terjadi?

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Pada dasarnya, peristiwa Rengasdengklok adalah tindakan penculikan Soekarno dan Hatta yang dilakukan oleh golongan muda.

Dalam peristiwa bersejarah ini, golongan muda membawa Soekarno Hatta dari Jakarta ke sebuah daerah bernama Rengasdengklok yang terletak di area Karawang, Jawa Barat. Oleh karena itulah, peristiwa ini kemudian bernama peristiwa Rengasdengklok.

Apa yang Terjadi pada Peristiwa Rengasdengklok?

Chaerul Saleh, Soekarni dan Wikana adalah golongan muda yang bertanggung jawab atas kejadian Rengasdengklok. Dalam artian, merekalah yang membawa Soekarno beserta istri dan anaknya ke Rengasdengklok.

Bukan menculik, alasan tindakan mereka yang sebenarnya adalah memberikan pengamanan bagi Soekarno Hatta dan keluarga. Terlebih lagi, pihak golongan muda sangat khawatir dengan adanya tekanan dari pihak Jepang terhadap Soekarno dan Hatta.

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Kamu mungkin penasaran dengan apa yang menjadi latar belakang Rengasdengklok.

Ternyata, peristiwa ini terjadi karena adanya perbedaan pendapat di antara golongan tua dan golongan muda Indonesia. Berikut ini daftar tokoh Rengasdengklok yang perlu kamu ketahui!

Golongan tua Indonesia adalah:

  • Ir. Soekarno
  • Moh Hatta
  • Moh Yamin
  • Achmad Soebardjo

Sedangkan, yang termasuk golongan muda Indonesia adalah:

  • Soekarni
  • Wikana
  • Sayuti Melik
  • Chaerul Saleh
  • Darwis
  • Jusuf Kunto

Pasca kemerdekaan Indonesia, golongan muda memiliki pendapat bahwa Indonesia harus mengambil manfaat dari kekosongan kepemimpinan yang terjadi. Terlebih lagi, pada momen tersebut Jepang telah mengalami kekalahan di perang dunia kedua.

Inilah yang kemudian menyebabkan golongan muda mendesak golongan tua untuk segera mengumumkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Namun, golongan tua memiliki pendapat lain.

Golongan tua tidak setuju dengan permintaan dari golongan muda. Pasalnya, pihak Soekarno Hatta sebenarnya ingin menghindari masalah yang mungkin terjadi dengan tentara Jepang. Oleh karena itu, mereka ingin memenuhi perjanjian dengan Jepang. Jadi, mereka berniat menjalankan rencana persiapan BPUPKI dan PPKI.

Perbedaan pendapat inilah yang kemudian membuat golongan muda mengamankan Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. Terlebih lagi, mereka benar-benar tidak setuju dengan adanya campur tangan Jepang dalam penentuan kemerdekaan Indonesia.

Dari sini, bisa kamu simpulkan bahwa tujuan peristiwa Rengasdengklok sebenarnya adalah untuk membatasi pengaruh Jepang pada soekarno dan Hatta. Dengan demikian, golongan muda Indonesia berharap Soekarno dan Hatta dapat segera melakukan proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana Kronologi Peristiwa Rengasdengklok?

Peristiwa Rengasdengklok terjadi pada 16 Agustus 1945. Adapun kronologi peristiwanya dapat kamu lihat dalam runutan berikut ini:

1. Jatuhnya Jepang (6 dan 9 Agustus 1945)

Pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945, Amerika meluncurkan bom atom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Hal ini menandai kekalahan Jepang dalam perang dunia kedua.

2. Kabar Kekalahan Jepang (10 agustus 1945)

Tepat pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir mendengar kabar kekalahan Jepang lewat sebuah saluran radio internasional. Siaran radio ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dilarang oleh pihak Jepang. Namun, Sutan Syahrir tetap mendengarkannya.

3. Jepang Menyerah (15 Agustus 1945)

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Kaisar Hirohito dari Jepang mengumumkan bahwa Jepang telah resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Hal ini menandai berakhirnya perang dunia kedua secara resmi.

Oleh karena itu, golongan muda mulai mendesah Soekarno dan Hatta untuk segera mengumumkan kemerdekaan negara Indonesia. Namun, Soekarno dan Hatta menolak menjalankan permintaan mereka.

4. Peristiwa Rengasdengklok (16 Agustus 1945)

Golongan muda menculik Soekarno dan Hatta. Mereka membawa keduanya beserta keluarga ke Rengasdengklok yang terletak di kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Setelah melewati diskusi yang panjang, Soekarno dan Hatta akhirnya setuju untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan permintaan golongan muda. Oleh karena itu, golongan muda akhirnya mengantarkan mereka kembali ke Jakarta untuk persiapan proklamasi.

5. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945)

Dampak peristiwa Rengasdengklok dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Adanya peristiwa ini mengubah sejarah dengan mempercepat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo mulai menyusun teks proklamasi kemerdekaan negara Indonesia. Sayuti Melik terpilih menjadi orang yang mengetikkan naskah ini.

Kemudian, Soekarno dan Hatta membacakan proklamasi kemerdekaan negara Indonesia di kediaman Soekarno yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur No 56, Jakarta.

Peristiwa Rengasdengklok merupakan peristiwa bersejarah yang mempercepat proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semoga panduan lengkap ini bermanfaat untuk menumbuhkan perasaan cinta kepada Indonesia dan semua fakta sejarahnya!

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Sejarah Lengkap Peristiwa Rengasdengklok - Latar Belakang hingga Kronologi Peristiwa"