ANBK Adalah Pengganti Ujian Nasional Sekolah, Simak Penjelasannya Disini!

anbk adalah

Mungkin. masyarakat awam masih belum paham apa itu ANBK yang menggantikan ujian nasional sekolah. Dikutip dari laman ANBK Kemdikbud, pemerintah telah meresmikan ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer sejak 2021. 

Secara umum, perbedaan UNBK dan ANBK adalah metode penilaian dan waktu pelaksanaannya. Peserta ANBK dipilih secara acak dari kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA oleh pemerintah, kepala sekolah, dan guru di tiap satuan pendidikan. 

Sedangkan, UNBK dilaksanakan oleh seluruh siswa ketika akhir tahun sekolah. Nah, agar bisa lebih memahami apa itu ANBK, mari kita simak penjelasannya di artikel berikut!

Pengertian ANBK adalah

Ketika kamu mengetik di Google pertanyaan, apa itu ANBK? Mungkin sudah banyak hasil penelusuran yang memberikan jawaban. Secara singkat, pengertian ANBK adalah suatu program penilaian kualitas lembaga pendidikan di jenjang sekolah dasar dan menengah. 

Bagaimana cara penilaiannya? Penilaian ANBK adalah pada tahapan input, proses dan output pembelajaran siswa. Nantinya, proses pelaksanaan ANBK secara online dan semi-online. Bila jaringan internet mendukung dan stabil, ANBK dapat dilakukan secara online. Akan tetapi, bila tidak, ANBK dilakukan semi online. 

ANBK adalah metode penilaian dan evaluasi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, berdasarkan tiga instrumen. Antara lain: 

1.    Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Untuk menilai literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. 

2.    Survei Karakter. Untuk menganalisis sikap atau karakter siswa. 

3.    Survei Lingkungan Belajar. Untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Tujuan ANBK

Pemerintah telah berupaya keras untuk mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia yang berkualitas lewat pelaksanaan ANBK. Adapun tujuan ANBK adalah sebagai berikut: 

1. Peningkatan kualitas belajar-mengajar

Pertama, tujuan ANBK adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dalam hal belajar-mengajar. Seringkali, pendidikan tiap daerah memiliki kendala dan tantangan yang berbeda. Karena itu, dibutuhkan perbaikan kualitas yang lebih nyata. 

2. Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi

Peserta ANBK diukur kemampuan literasi membaca dan numerasi. Selanjutnya, menjadi bahan evaluasi terhadap setiap peserta lainnya. 

3. Penilaian sikap dan karakter

Peserta ANBK adalah bahan analisis pembelajaran yang dapat dilihat dari sikap dan karakternya. Termasuk, bagaimana karakter peserta dari segi profil belajar pancasila. 

Jadwal 2022 ANBK adalah

No

Jadwal Pelaksanaan

Jenjang Sekolah

1.

29 Agustus-1 September 2022

SMK, MAK, MA, SMA, SMALB

2.

29 Agustus-4 September 2022.

Paket C

3.

19-22 September 2022

SMP sederajat

4.

24-25 September 2022

Paket B

5.

24-27 Oktober 2022

SD sederajat

6.

24 Oktober-3 November 2022

Paket A

 

Gimana, kalian sudah siap menghadapi evaluasi ANBK atau  Asesmen Nasional Berbasis Komputer? Harus dong! Ruang Belajar Channel siap dukung kalian dengan berbagai konten edukatif dan menarik agar kalian makin update dengan info dunia pendidikan terbaru. Semangat belajar, ya!

 

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "ANBK Adalah Pengganti Ujian Nasional Sekolah, Simak Penjelasannya Disini!"