Tokoh Pendidikan Indonesia yang Berpengaruh Di Indonesia

Pendidikan di Indonesia sekarang ini sudah banyak mengalami perubahan. Tentu saja, perubahan ini tidaklah terjadi dalam waktu yang singkat. Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang hingga akhirnya bisa mendirikan sekolah berkualitas. Hal ini pun tidak lepas dari peran para tokoh pendidikan yang terus berjuang tanpa lelah. Siapa saja tokoh pendidikan di Indonesia yang berpengaruh? Simak ulasannya di bawah ini.

Tokoh Pendidikan Indonesia yang Berpengaruh

Kita bisa mendapatkan pendidikan seperti sekarang ini sebenarnya juga bukanlah hal yang mudah didapatkan. Perjuangan para tokoh-tokoh dibawah ini sendiri tidak boleh kita lupakan. Karena tanpa adanya tindakan dari mereka, mungkin sekarang kita masih tidak bisa mengenyam pendidikan dengan bebas. Berikut ini adalah tokoh pendidikan yang sangat berpengaruh di Indonesia:

Ki Hajar Dewantara

Tokoh pertama sudah jelas adalah Ki Hajar Dewantara. Dikenal Bapak Pendidikan Indonesia ini telah memberikan sumbangsih yang sangat besar saat masa perjuangan dulu. Berasal dari keluarga yang berada membuat Ki Hajar Dewantara sangat beruntung untuk bisa sekolah. Beliau adalah salah satu tokoh yang mendirikan sekolah yang dikenal dengan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara yang setelah kemerdekaan diangkat Menteri Pengajaran Indonesia, memiliki 3 semboyan yang hingga sekarang juga terkenal, yaitu:

  1. Ing Ngarso Sung Tuladha yang mempunyai arti di depan harus memberi contoh.
  2. Ing Madya Mangun Karsa yang berarti di tengah harus memberi semangat
  3. Tut Wuri Handayani yaitu di belakang harus memberi dorongan.

R.A Kartini

Wanita Indonesia yang sekarang ini bisa hidup dengan bebas dan dapat bekerja di luar rumah adalah salah satu perjuangan yang dijalankan R.A Kartini hingga akhir hayatnya. Kehidupan R.A Kartini yang terjebak pada budaya yang hanya memperbolehkan seorang perempuan untuk di rumah pun tidak menghentikan dirinya untuk terus belajar.

Dengan keterbatasan pada masa itu yang mana perempuan tidak boleh mengenyam pendidikan pun didobrak oleh beliau. R.A Kartini yang sering berkirim surat dengan para sahabatnya di Belanda dan juga membaca buku ini pun akhirnya berhasil mendirikan sebuah sekolah yang memang khusus untuk perempuan.

Perjuangan Kartini jelas tidak mudah, di tengah gempuran budaya yang sangat ketat dan juga pandangan orang semasa itu, jelas tidaklah mudah. Tapi, R.A Kartini tetap bertahan dan malah membantu sesama perempuan untuk mendapatkan hak pendidikan yang sama.

Kyai Ahmad Dahlan

Salah satu pendiri dari Muhammadiyah ini juga merupakan tokoh penting dalam pendidikan di Indonesia. Beliau memberikan banyak sekali perubahan akan pendidikan di Indonesia, bahkan Kyai Ahmad Dahlan juga ikut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia. Peran dirinya sangatlah besar, salah satunya adalah dengan membuat sekolah santri.

Kyai Ahmad Dahlan sendiri mempunyai riwayat pendidikan yang sangat tinggi sekali, dimana semasa muda beliau belajar di dataran Arab. Beliau pun sedari muda sudah menjadi sosok yang sangat cerdas dan bijaksana. Ketika kembali ke Indonesia pun beliau berjuang agar rakyat mendapatkan pendidikan yang setara dan tidak dianggap sebagai orang bodoh.

Demikianlah daftar tokoh pendidikan di Indonesia yang sangat berpengaruh. Dimana tanpa adanya perjuangan dari mereka, sudah pasti tidak banyak yang berubah pada dunia pendidikan di Indonesia. Maka daripada itu, jika hingga sekarang masih bisa mengenyam pendidikan, maka harus sangat bersyukur. Karena walau sudah merdeka, rakyat yang masih kesulitan sekolah juga masih banyak.

 

Ruang Belajar Channel
Ruang Belajar Channel Education Content Creator

Posting Komentar untuk "Tokoh Pendidikan Indonesia yang Berpengaruh Di Indonesia"